Pengetahuan PENGETAHUAN MASYARAKAT TENTANG PENTINGNYA GIZI DAN OLAHRAGA DI ERA PANDEMIC DI MATAKANDO KECEMATAN MPUNDA KOTA BIMA

  • Suradi Efendi STIK Makassar
  • Feny Riani Sani Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Makassar
Keywords: Pengetahuan, Gizi Olahraga, Pandemik

Abstract

Latar Belakang: Gizi Seimbang adalah makanan yang dikonsumsi oleh seseorang sehari-hari yang beraneka ragam dan memenuhi 5 kelompok zat gizi dalam jumlah yang cukup, tidak berlebihan dan tidak kekurangan.

Berolahraga dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan sistem metabolisme. Berolahraga teratur meningkatkan produksi antibodi.

Tujuan: Untuk memberikan pemahaman kepada responden mengenai penyuluhan tentang pentingnya gizi dan olahraga di era pendemik.

Metode: Dalam penyuluhan ini dimana dilakukan kordinasi dengan pemerintah setempat, kemudian, menetapkan jadwal kegiatan dan menyiapkan alat dan bahan penyuluhan. Selanjutnya pelaksanaan kegiatan dimana Intervensi fisik, melakukan pemasangan poster new normal COVID-19 dirumah-rumah penduduk. Kemudian Intervensi non fisik dengan memberikan penyuluhan serta edukasi pada masyarakat terkait pentingnya gizi dan olahraga di era pendemik.

Hasil: Penyuluhan terkait pentingnya gizi dan olahraga di era pendemik, responden yang memilki pengetahuan tentang pentingnya gizi dan olahraga di era pendemik untuk pre test yang memiliki pengetahuan kurang sebanyak 9 responden (81,8%) dan yang memiliki pengetahuan cukup sebanyak 2 responden (18,2%). Kemudian untuk post test yang memiliki pengetahuan kurang sebanyak 1 responden (9,1%) dan yang memiliki pengetahuan cukup sebanyak  10 responden (90,9%).

Kesimpulan: Setelah dilakukan Penyuluhan di masyarakat ini pengetahuan tentang pentingnya gizi dan olahraga di era pendemic meningkat dan angka pengetahuan masyarakat kurang tentang pentingnya gizi dan olahraga di era pendemik diharapkan dapat menurun.

Published
2021-03-20