SOSIALISASI BAKTERI (BAKSO IKAN TERI) & EDUKASI GIZI SEBAGAI UPAYA ANAK GEMAR MAKAN IKAN PADA SISWA SD KARUWISI II KOTA MAKASSAR

  • Kamariana STIK Makassar
  • Balqis Hasyatillah
  • Novelin
  • Diya Pasapan
  • Nurilmi
Keywords: Bakso Ikan Teri, Gemar Makan Ikan

Abstract

Anak sekolah dasar memiliki permasalahan terkait konsumsi ikan, banyak diantara mereka yang tidak gemar mengkonsumsi ikan. Perilaku Anak- anak cenderung memilih makanan yang disukai dan menyisihkan makanan yang tidak disukai terutama terkait makanan yang berasal dari ikan. Di sekolah anak lebih sering jajan makanan yang tidak sehat. Kebutuhan gizi terutama kandungan protein pada ikan terutama ikan teri memberikan banyak manfaat untuk tumbuh kembang anak. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat bertujuan untuk mengajak anak makan ikan dengan mensosialisasikan makanan berbahan dasar ikan berupa BAKTERI (Bakso Ikan Teri) serta pemberian edukasi gizi berupa penyuluhan tentang manfaat ikan teri pada anak sekolah Dasar di SDN Karuwisi II Makassar.

Hasil intervensi menunjukkan daya terima anak terhadap BAKTERI (Bakso Ikan Teri) diliat dar kesukaan warna & rasa. Sedangkan dari hasil pre post test menunjukkan pengetahuan anak sebelum diberi penyuluhan pengetahuan dengan kategori cukup sebanyak (50%). setelah diberikan penyuluhan, pengetahuan dengan kategori cukup menjadi (78.6%). Hal ini menunujukkan terjadi peningkatan.

Hasil pemberian BAKTERI dan Edukasi gizi menunjukkan adanya daya terima makanan berbahan dasar ikan serta terjadi peningkatan pengetahuan.

Published
2021-03-20