Pengaruh Metode Video Learning Multimedia dan Demonstrasi terhada Prilaku Personal Hygiene Kesehatan Gigi dan Mulut {Studi pada SD Inpres 12/79 Palattae Kecamatan Kahu Kabupaten Bone

  • Andi Arni Astuti Universitas Muslim Indonesia
  • Fairus Prihatin Idris Universitas Muslim Indonesia
  • Fatmah Afrianty Gobel Universitas Muslim Indonesia

Abstract

ABSTRAK

Pengaruh Metode Video Learning Multimedia dan Demonstrasi terhada Prilaku Personal Hygiene Kesehatan Gigi dan Mulut {Studi pada

SD Inpres 12/79 Palattae Kecamatan Kahu Kabupaten Bone

Andi Arniastuti1, Fairus Prihatin Idrus1, Fatimah Afrianty Gobel1

1Program Studi Pascasarjana Universitas Muslim Indonesia (UMI)

 

World Health Organization (WHO) memandang bahwa penyakit gigi dan mulut adalah salah satu penyakit yang lazim berkembang di masyarakat seluruh dunia yang diperkirakan sebanyak 6,5 miliyar di seluruh dunia pernah mengalami karies gigi diantaranya 60-90% penduduk terjadi dinegara berkembang. Berdasarkan hasil Rikesdas 2017 propinsi penduduk dengan masalah gigi dan mulut terbanyak di seluruh Indonesia adalah Provinsi Sulawesi selatan yaitu 36,2%.

Metode penelitian ini adalah kuantitatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode video learning multimedia dan demonstrasi tehadap perilaku personal hygiene kesehatan gigi dan mulut siswa SD Inpres 12/79 palattae dengan pendekatan quasy eksperiment dengan desain penelitian digunakan adalah “pretest-posttest”. Lokasi penelitian dilakukan di SD Inpres 12/79 Palattae Kecamatan Kahu Kabupaten Bone terhadap 125 siswa dengan jumlah sampel sebanyak 35 siswa.

Berdasarkan hasil pretest-posttest keterampilan siswa pada kelompok video learning multimedia didapatkan nilai rata-rata pretest kelompok video learning multimedia sebesar 17.045 dan pada post-test didapatkan nilai rata-rata 82.95. Dapat dilihat dari hasil pretest-posttest terdapat perbedaan nilai pada keterampilan siswa. Hasil analisis statistic menggunakan uji t-test pada kelompok video learning multimedia terhadap keterampilansiswa menunjukkan p-value penelitian sebesar 0,000 (0,000 < 0,05) berarti Ho ditolak, artinya ada perbedaan yang bermakna antara keterampilan sebelum penggunaan media video learning multimedia. Hasil ini di interprestasikan bahwa ada pengaruh penggunaan media video   multimedia.

Kata Kunci: Kesehatan Gigi dan Mulut, Video Learning Multimedia, Demonstrasi.

Published
2020-09-28
Section
Articles