Pengaruh Kualitas Sistem Informasi Kesehatan (SIK) Terhadap Efektivitas Fungsi Manajemen di RSUD Haji Makassar Provinsi Sulawesi Selatan Tahun 2021

  • Meliherdianti Universitas Muslim Indonesia`
  • Samsualam Universitas Muslim Indonesia
  • Muh. Khidri Alwi Universitas Muslim Indonesia
Keywords: Sistem Informasi Kesehatan, Efektivitas Fungsi Manajemen

Abstract

Sistem informasi kesehatan berperan dalam menyediakan data, informasi dan indikator kesehatan dalam mendukung proses manajemen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas sistem informasi kesehatan (SIK) yang dilihat dari aspek ketersediaan, tepat waktu, relevan, akurat, dan dapat dipercaya terhadap efektivitas fungsi manajemen di RSUD Haji Makassar Provinsi Sulawesi Selatan.

Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain cross sectional study. Sampel dalam penelitian ini adalah pejabat struktural, sdm administrasi dan pengelola sik yang berjumlah 47 orang. Pengumpulan data melalui kuesioner. Data dianalisis dengan uji chi square dengan convidence interval (CI) 95% dan α<0,05.

Hasil menunjukkan bahwa kualitas sistem informasi kesehatan dari aspek ketersediaan (p=0,000), tepat waktu (p=0,000), relevan (p=0,001), dapat dipercaya (p=0,003) berpengaruh secara signifikan terhadap efektivitas fungsi manajemen sedangkan kualitas sistem informasi kesehatan dari aspek akurat (p=0,414) tidak berpengaruh secara signifikan terhadap efektivitas fungsi manajemen di RSUD Haji Makassar Provinsi Sulawesi Selatan.

Diharapkan agar RSUD Haji Makassar dapat memperbaiki sistem yang ada sehingga informasi yang dihasilkan lebih berkualitas.

Published
2021-07-31