GAMBARAN KARAKTERISTIK DAN PENGETAHUAN PENDERITA DIABETES MELITUS TIPE 2 DIPUSKESMAS SULI KABUPATEN LUWU

  • Esse Puji Pawenrusi Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Makassar
  • Kamariana STIK Makassar
  • Suci Amalia Jumade Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Makassar
Keywords: Diabetes Melitus, Umur, Jenis Kelamin, Pendidikan, Pekerjaan, Pengetahuan

Abstract

Diabetes adalah penyakit metabolik kronis yang disebabkan oleh kurangnya insulin yang diproduksi oleh pankreas atau ketidakmampuan tubuh untuk menggunakan insulin yang diproduksi secara efektif, yang menyebabkan peningkatan konsentrasiglukosa darah (hiperglikemia).Diabetes yang paling umum di masyarakat adalah diabetes tipe 2.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik dan tingkat pengetahuan penderita Diabetes Melitus Tipe 2 di Puskesmas Suli Kabupaten Luwu.

Metode penelitan ini menggunakan analisis deskriptif. Sampel dalam penelitian ini diambil dari populasi penderita Diabetes Melitustipe 2 di Puskesmas Suli sebanyak 84 responden. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan tehnik Exhaustic Samplingdimana jumlah sampel sama dengan populasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 84 responden dengan karakteristik umur paling banyak 45-53 sebanyak 30orang (35,7%),jenis kelamin paling banyak  perempuan sebanyak 57 0rang (67,9%), pendidikan paling banyak SMP sebanyak 29 orang (34,5%), pekerjaan paling banyak IRT sebanyak 54 banyak (64,3%), dan pengetahuan paling banyak kategori  kurang sebanyak 49 orang (58,3%) .

Simpulan dari hasil penelitian Karakteristik umur paling banyak  umur 45-53 tahun. Karakteristik  jenis kelamin yang paling banyak perempuan. Karakteristik Pendidikan paling banyak SMP. Karakteristik Pekerjaan yang paling banyak  pekerjaan sebagai IRT. Pengetahuan yang paling banyak yaitu kategori  kurang . Saran  diharapkan petugas puskesmas agar lebih meningkatkan penyuluhan terkait Diabetes Melitus guna meningkatkan pengetahuan penderita. Diharapkan penderita Diabetes Melitus tipe 2 diPuskesmas Suli agar lebih mencaritahu informasi tentang Diabetes Melitus.

Published
2021-07-31

Most read articles by the same author(s)