HUBUNGAN PERILAKU PENGHUNI TENTANG PERSONAL HYGIENE, SANITASI DASAR DAN KONDISI FISIK DENGAN KELUHAN KESEHATAN DI BEBERAPA RUMAH KOS KELURAHAN MACCINI MAKASSAR TAHUN 2017

  • Nanang Rahmadani STIKES Amanah Makassar
Keywords: Personal Hygiene, Sanitasi Dasar, Komponen Fisik, Keluhan Kesehatan

Abstract

Rumah yang sehat harus memenuhi kebutuhan fisiologis dan psikologis. Adapun kebutuhan fisiologis antara lain pencahayaan, udara (ventilasi), ruang gerak yang cukup, terhindar dari kebisingan/suara yang mengganggu dan harus memenuhi kebutuhan psikologis yaitu cukup aman dan nyaman bagi masing-masing penghuni rumah dan privasi yang cukup. Perumahan atau pemukiman yang buruk akan menimbulkan masalah kesehatan seperti terjadinya penularan penyakit baik antara anggota keluarga maupun kepada orang lain.

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hubungan perilaku penghuni tentang personal hygiene, sanitasi dasar dan kondisi fisik dengan keluhan kesehatan di beberapa rumah kos Kelurahan MacciniMakassar.

Penelitian menggunakan jenis penelitian analitik dengan desain cross sectional, populasinya seluruh penghuni rumah kos di Kelurahan Maccini Makassar. Sampel dalam penelitian ini ada 52 responden dengan metode purposive sampling. Analisis data menggunakan chi-square test. Variabel yang diuji dalam penelitian ini adalah variabel independen yaitu perilaku personal hygiene dan sanitasi dasar, sarana sanitasi dasar dan komponen fisik rumah kos terhadap variabel dependen yaitu keluhan kesehatan.

Hasil penelitian menunjukkan variabel yang berhubungan dengan keluhan kesehatan adalah tindakan personal hygiene p = 0,020 dan tindakan sanitasi dasar p = 0,001. Variabel yang tidak berhubungan adalah pengetahuan p = 0,087 dan sikap p = 0,491 personal hygiene, pengetahuan p = 0,598 dan sikap p = 0,101 sanitasi dasar, komponen fisik kamar kost p = 0,183 dan kelengkapan sarana sanitasi dasar p = 0,991.

Saran bagi penghuni rumah kos agar lebih menjaga personal hygyne, sanitasi dasar, sarana sanitasi dasar yang sudah disediakan dan komponen fisik rumah kos yang ada. Bagi pemilik rumah kos disarankan agar lebih memperhatikan kelengkapan sarana sanitasi dasar dan komponen fisik rumah kos.

Published
2021-07-31