Gambaran Kepatuhan Minum Obat pada Penderita TB Paru di RS. TK.II. Pelamonia Makassar

  • Jufri Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Makassar
  • Sanghati Akademi Keperawatan Makassar
  • Nur Qalbi Sukri Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Makassar
Keywords: TB Paru, Pengetahuan, Efek Samping, dukungan keluarga, dan kepatuhan

Abstract

ABSTRAK

 

Gambaran Kepatuhan Minum Obat pada Penderita TB Paru di RS. TK. II Pelamonia Makassar

 

Jufri1 , Sang Hati 2 , Nur Qalbi Sukri3

1Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Makassar

2Akademi Keperawatan (AKPER) Makassar

3RS.TK.II Pelamonia Makassar

Pada tahun 2018, diperkirakan 7,2 juta orang menderita TB paru  (WHO, 2019). Menurut Global Tuberculosis Report 2019, Indonesia berada pada peringkat ke empat tertinggi kejadian TB di dunia setelah China, India, dan Amerika. Di kawasan Asia Tenggara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kepatuhan minum obat pada penderita TB paru di RS. TK. II Pelamonia Makassar

Jenispenelitian yang dugunakandalam penelitian ini adalah deskriptifPopulasidalampenelitianinisebanyak 37 penderita TB Paru, jumlah sampel yaitu 37 responden dengan meggunakan teknik pengambilan sampel total sampling.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian besar responden mempunyai pengetahuan baik 36 responden (97,3%), sebagian besar mendapat dukungan keluarga 35 responden (94,6%), sebagian besar merasakan efek samping jika minum obat 30 responden (81,9%,), dan sebagian besar tidak patuh minum obat yaitu 24 responden (64,9%).

Kesimpulan daripenelitianiniadalah masih ada penderita TB Paru yang tidak pattuh minum obat, sebagianbesarpenderita TB Parumendapatdukungandarikeluarganya,selajutnyadiharapkanuntuk pada penderita TB paru agar berupayapatuhmenjalankan program pengobatan )

KataKunci: TB Paru, Pengetahuan, Efek Samping, dukungan keluarga, dan kepatuhan

Published
2021-01-09