Hubungan Kebiasaan Merokok Dengan Kejadian Karies Gigi Di Dusun Bilaji Kecamatan Barombong Kabupaten Gowa

  • Marisna Eka Yulianita Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Makassar
  • Chitra Dewi Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Makassar
  • Kasriani Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Makassar
Keywords: Kebiasaan Merokok, Karies Gigi

Abstract

ABSTRAK

 

Hubungan Kebiasaan Merokok Dengan Kejadian Karies Gigi

Di Dusun  Bilaji Kecamatan Barombong Kabupaten Gowa

 

Marisna Eka Yulianita1, Chitra Dewi Rasyid1,  Kasriani1,

1Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIK) Makassar

 

Karies gigi adalah daerah yang membusuk di dalam gigi yang terjadi akibat suatu proses yang secara bertahap melarutkan email. menurut WHO tembakau membunuh lebih dari 5 juta orang pertahun dan diproyeksikan akan membunuh 10 juta orang sampai tahun 2020, dari jumlah itu 70% korban berasal dari negara berkembang yang didominasi oleh kaum laki-laki sebesar 700 juta terutama di Asia. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Hubungan Kebiasaan Merokok Dengan Kejadian Karies Gigi Di Dusun  Bilaji Kecamatan Barombong Kabupaten Gowa.

Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian Observasional Analitik dengan desain penelitian Cross Sectional. Populasi berjumlah 300 penduduk yang merokok dengan sampel 75 orang penderita Karies gigi, teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling.

Hasil uji statistik dengan menggunakan Chi Square didapatkan nilai p=0.000 (p<α) maka dapat disimpulkan ada hubungan antara Kebiasaan Merokok dengam Kejadian Karies Gigi Di Dusun Bilaji Kecamatan Baromboong Kabupaten Gowa.

Simpulan dari kebiasaan merokok sangat berpengaruh terhadap karies gigi di Dusun  Bilaji Kabupaten Gowa. Disarankan yang merokok agar menjaga kebersihan  giginya.

Kata Kunci : Kebiasaan Merokok; Karies Gigi

Published
2021-01-09