Analisis Pengaruh Beban Kerja Dan Motivasi Perawat Terhadap Kualitas Pelayanan Di Ruang Rawat Inap RS Islam Faisal Makassar Tahun 2019.

  • Misnawaty A. Muin Universitas Muslim Indonesia
  • Rasyidin Abdullah Universitas Muslim Indonesia
  • Jasmin Ambas Universitas Muslim Indonesia
Keywords: Beban kerja, Motivasi dan Kualitas Pelayanan.

Abstract

ABSTRAK

Analisis Pengaruh Beban Kerja Dan Motivasi Perawat Terhadap Kualitas Pelayanan Di Ruang Rawat Inap RS Islam Faisal Makassar Tahun 2019.

Misnawaty A. Muin1, Rasyidin Abdullah1, Jasmin Ambas1

1PascaSarjana Universitas Muslim Indonesi (UMI)

 

     Pelayanan keperawatan merupakan bagian yang tak terpisahkan dari pelayanan kesehatan di Rumah Sakit Pelayanan Keperawatan merupakan cerminan dari pelayanan rumah sakit. Tenaga keperawatan bertanggungjawab memberikan pelayanan keperawatan yang optimal dalam meningkatkan dan mempertahankan mutu pelayanan keperawatan. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis pengaruh beban kerja dan motivasi kerja perawat terhadap kualitas pelayanan di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Islam Faisal.

      Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan cross sectional dengan jumlah populasi sebanyak 115 perawat, dan sampel sebanyak 89 orang dihitung menggunakan teknik Slovin yang terbagi di 8 ruang rawat inap di RS. Islam Faisal. Data dikumpulkan menggunakan kuisioner dianalisis dengan menggunakan program SPSS (statistic package for social science).                             Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada pengaruh positif beban kerja dan signifikan terhadap kualitas pelayanan di ruang rawat inap RS. Islam Faisal Makassar dengan nilai (p 0,002), (2) ada pengaruh positif motivasi dan signifikan terhadap kualitas pelayanan di ruang rawat inap RS. Islam Faisal Makassar dengan nilai (p 0,000), (3) ada pengaruh beban kerja dan motivasi kerja secara simultan terhadap kualitas pelayanan di ruang rawat inap RS. Islam Faisal Makassar dengan nilai 0,369 (36,9%) dengan p 0,000. 

        Beban Kerja mempengaruhi kualitas pelayanan, sehingga beban kerja dan motivasi harus menjadi perhatian bagi pimpinan rumah sakit.

Kata kunci: Beban kerja, Motivasi dan Kualitas Pelayanan.

Published
2021-01-09