Pengaruh Penerapan Prinsip Good Corporate Governance terhadap Kepuasan Pasien di Unit Rawat Inap Rumah Sakit Umum Daerah Mamuju Tahun 2019

  • Suciaty Eka Chandra Gustiani Rahman Universitas Muslim Indonesia
  • Samsualam Universitas Muslim Indonesia
  • A. Rizki Amelia Universitas Muslim Indonesia
Keywords: transparansi, akuntabilitas, responsibilitas, independensi, kepuasan pasien

Abstract

ABSTRAK

 

Pengaruh Penerapan Prinsip Good Corporate Governance terhadap Kepuasan Pasien di Unit Rawat Inap Rumah Sakit Umum Daerah Mamuju Tahun 2019

 

Rina Resky Said1, Samsualam1, Muh. Khidri Alwi1

1Pasca Sarjana Universitas Muslim Indonesia

 

Dewasa ini, permintaan masyarakat terhadap produk dan jasa Rumah Sakit semakin meningkat. Hal ini dapat dilihat dari jumlah kunjungan masyarakat ke rumah sakit yang semakin meningkat.Oleh karena itu, salah satu strategi yang diperlukan dalam meningkatkan mutu pelayanan adalah pemberdayaan korporasi melalui implementasi good corporate governance secara nyata.Tujuan penelitian ini untuk melihat pengaruh prinsip good corporate governance terhadap kepuasan pasien di unit rawat inap Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Mamuju.

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan  rancangan cross-sectional. Sampel pada penelitian ini pasien rawat inap yang berada di RSUD Mamuju sebanyak 81 orang. Pengumpulan data menggunakan kuesioner yang terstandarisasi. Analisis data menggunakan uji crosstab, chi-square dan regresi logistik berganda.

Hasil analisis statistik crosstab dan chi-square menunjukkan ada pengaruh prinsip transparansi, akuntabilitas, responsibilitas dan independensi terhadap kepuasan pasien di unit rawat inap RSUD Mamuju dengan nilai p.value 0,000 < 0,05. Hasil analisis multivariat, tidak ada pengaruh prinsip kewajaran (fairness) terhadap kepuasan pasien di unit rawat inap RSUD Mamuju dengan nilai sig = 0,149 > 0,05, prinsip akuntabilitas mempengaruhi kepuasan pasien sebesar 30,24 kali, prinsip responsibilitas mempengaruhi kepuasan pasien sebesar 23,83 kali dan prinsip transparansi mempengaruhi kepuasan pasien sebesar 15,59 kali.

Kesimpulan dari penelitian ini yang paling berpengaruh adalah prinsip akuntabilitas, responsibilitas dan transparansi terhadap kepuasan pasien di unit rawat inap RSUD Mamuju. Adapun saran agar menjaga dan lebih meningkatkan mutu pelayanan baik dari prinsip transparansi, akuntabilitas, responsibilitas, independensi maupun kewajaran.

Kata kunci : transparansi, akuntabilitas, responsibilitas, independensi, kepuasan pasien

Published
2021-01-09