Kesiapan Puskesmas Pada Penerapan Pelayanan Patient Safety Berdasarkan Sumber Daya Manusia, Sarana Dan Prasarana Di Puskesmas Kabupaten Jeneponto

  • Nur Alsabfitri Usmani Universitas Muslim Indonesia
  • Samsualam Universitas Muslim Indonesia
  • Nurmiaty Muchlis Universitas Muslim Indonesia
Keywords: patient, safety, SDM, sarana dan prasarana.

Abstract

KESIAPAN PUSKESMAS PADA PENERAPAN PELAYANAN PATIENT SAFETY BERDASARKAN SUMBER DAYA MANUSIA, SARANA DAN PRASARANA

 DI PUSKESMAS KABUPATEN

JENEPONTO

 

Nur Alsabfitri Usmani1, Samsualam, Nurmiaty Muchlis1

1 Kesehatan Masyarakat, Pasca Sarjana Universitas Muslim Indonesia

 

         Pembangunan kesehatan bertujuan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar terwujud derajat kesehatan masyarakat yang optimal, baik secara sosial maupun ekonomi. Insiden Keselamatan Pasien (IKP) faktor yang berkontribusi terhadap Insiden keselamatan pasien yaitu faktor manusia yang meliputi interaksi yang kurang, kesalahan dalam mengambil keputusan klinis, salah persepsi, pengetahuan manusia, keterbatasan mengoperasikan alat dan mesin, sistem, tugas dan pekerjaan.

        Penelitian ini menggunakan pendekatan fenomenologi untuk mengeksplorasi fenomena yang dilakukan dengan menggunakan  catatan lapangan, alat perekam, kamera, pedoman wawancara, dan pedoman observasi, dengan jumlah informan sebanyak 25 orang

      Dalam penelitian ini, peneliti mewawancarai 25 informan biasa yaitu masing-masing 1 orang petugas Lab, 1 orang petugas perawat, 1 orang petugas bidan, 1 orang Dokter, 1 orang Petugas Obat dan masing-masing 1 orang informan kunci yaitu kepala tata usaha puskesmas. Selain itu 5 orang informan pendukung yaitu bendahara tiap puskesmas.

         Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa setiap  puskesmas memiliki permasalahan yang berbeda seperti di PKM bangkala perlu dilakukan renovasi karena dilihat dari kondisi bangunan untuk sekarang ini nampak terlihat tua.

Kata Kunci : patient, safety, SDM, sarana dan prasarana.

Published
2021-01-09