Perbandingan Antara Tingkat Kecemasan Ibu Primigravida Dengan Multigravida Menjelang Persalinan Di Puskesmas Arungkeke Kabupaten Jeneponto Tahun 2019

  • Sainah Universitas Ptria Artha
Keywords: Primigravida, Multigravida, Kecemasan

Abstract

PERBANDINGAN ANTARA TINGKAT KECEMASAN IBU PRIMIGRAVIDA DENGAN MULTIGRAVIDA MENJELANG PERSALINAN DI PUSKESMAS ARUNGKEKE KABUPATEN JENEPONTO TAHUN 2019

 

Sainah

 

Prodi D3 Kebidanan, Fakultas Kesehatan, Universitas Patria Artha, Indonesia

* E-mail: iinsainah73@yahoo.com

 

 

 

Abstrak

Proses persalinan bisa menjadi salah satu stresor yang besar dalam meningkatkan kecemasan khususnya pada wanita hamil. bagi seorang ibu primigravida yang pertama kali menghadapi kehamilan, ketika menghadapi proses persalinan cenderung mengalami kecemasan. Hal ini dikarenakan proses persalinan adalah sesuatu hal baru yang akan dialaminya.

Tujuan penelitian ini adalah diketahuinya perbedaan tingkat kecemasan ibu primigravida dengan multigravida menjelang persalinan di Puskesmas Arungkeke Kabupaten Jeneponto tahun 2019.

Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain penelitian studi komparasi deskriptif. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh ibu hamil yang melakukan pemeriksaan kehamilan pada bulan Januari sampai Maret 2019 di Puskesmas Arungkeke Kabupaten Jeneponto yang berjumlah sebanyak 128 orang yang terdiri atas 52 ibu primigravida dan 76 ibu multigravida dan dengan teknik total sampling maka diperoleh 50 orang responden.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara tingkat kecemasan pada ibu primigravida dengan ibu multigravida menjelang persalinan di Puskesmas Arungkeke Kabupaten Jeneponto tahun 2019 dengan nilai p value 0,001<0,05 dengan menggunakan uji Independent Sample T Test.

Kesimpulannya bahwa ada perbedaan yang signifikan antara tingkat kecemasan pada ibu primigravida dengan ibu multigravida menjelang persalinan di Puskesmas Arungkeke Kabupaten Jeneponto tahun 2019. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan sebagai acuan untuk lebih meningkatkan kualitas pelayanan bagi masyarakat khususnya ibu hamil dalam memasuki proses persalianan.

Kata Kunci: Primigravida, Multigravida, Kecemasan

Published
2021-01-09