Analisis Manajemen Logistik Obat Di Apotek Kimia Farma Makassar Tahun 2019

  • Nurwahyu Saputri H.S Universitas Muslim Indonesia
  • Reza Aril Ahri Universitas Muslim Indonesia
  • Andi Nurlinda Universitas Muslim Indonesia
Keywords: Manajemen Logistik, Obat, Apotek Kimia Farma

Abstract

ABSTRAK

ANALISIS MANAJEMEN LOGISTIK OBAT DI APOTEK

KIMIA FARMA MAKASSAR TAHUN 2019

 

Nurwahyu Saputri H.S1, Reza Aril Ahri1, Andi Nurlinda1

1Pascasarjana Universitas Muslim Indonesia

 

Manajemen logistik memiliki fungsi yang terangkum dalam siklus logistik yang meliputi perencanaan, penganggaran, pengadaan, penyimpanan, pendistribusian, pemanfaatan, penghapusan dan pengendalian. Semua dari fungsi tersebut saling berkaitan satu sama lain demi memberikan kelancaran pelayanan logistik ke seluruh satuan kerja yang membutuhkan.

Jenis penelitian menggunakan kualitatif yaitu suatu pendekatan penelitian yang diarahkan untuk menghimpun data, mengambil makna, memperoleh pemahaman dari kasus tersebut. Adapun metode penelitiannya adalah dengan wawancara mendalam (indepth interview), dokumentasi dan observasi. Informan kunci (key informan), yaitu seseorang yang secara lengkap dan mendalam mengetahui mengenai manajemen logistik obat di Apotek Kimia Farma Makassar. Informan kunci dalam penelitian ini adalah Kepala gudang. Informan biasa, yaitu orang yang mengetahui manajemen logistik obat di Apotek Kimia Farma Makassar. Jumlah informan biasa dalam penelitian ini adalah sebanyak 9 orang.Informan pendukung, yaitu orang yang mengetahui manajemen logistik obat di Apotek Kimia Farma Makassar. Informan pendukung dalam penelitian ini adalah Kepala kantor.

Hasil penelitian Jumlah staf yang terlibat dalam perencanaan logistik di Apotek Kimia Farma Makassar sudah mencukupi.  Sarana dan prasarana yang menunjang untuk pembuatan perencanaan logistik obat di Apotek Kimia Farma Makassar masih kurang mencukupi. Dalam segi jumlah masih kurang, komputer yang ada harus ditambah untuk memperlancar dalam proses perencanaan. Dalam segi sistem aplikasi yang berfungsi untuk melihat data persediaan logistik tidak berfungsi secara baik. Sistem aplikasi tersebut terkadang mengalami error pada saat digunakan oleh petugas sehingga dalam kegiatan menggunakan sistem manual.

Diharapkan kepada bagian Logistik Kimia Farma Makassar agar dalam pengadaan sebaiknya menjamin ketrsediaan obat pada penyalur/distributor dan mengantisipasi kekosongan obat dengan menyediakan Buffer Stock.

 

Kata kunci  :   Manajemen Logistik, Obat, Apotek Kimia Farma

Published
2021-01-09