Pengaruh Edukasi Penyuluhan dan Intervensi Play Therapy terhadap Perubahan Perilaku Ibu Balita dalam Upaya Pencegahan Stunting di Desa Matajang Kecamatan Kahu Kabupaten Bone

  • Ervina Universitas Muslim Indonesia
  • Hasriwiani Habo Abbas Universitas Muslim Indonesia
  • Nurmiati Muchlis Universitas Muslim Indonesia

Abstract

ABSTRAK

Pengaruh Edukasi Penyuluhan dan Intervensi Play Therapy terhadap Perubahan Perilaku Ibu Balita dalam Upaya Pencegahan Stunting di Desa Matajang Kecamatan Kahu Kabupaten Bone

 

Ervin1 , Hasriwiani Habo Abbas1, Nurmiati Muchlis1

1Program Studi Pascasarjana Universitas Muslim Indonesia {UMI}

 

Peranan orang tua terutama ibu sangat penting dalam pencegahan stunting, salah satu metode yang digunakan dalam mengetahui perilaku ibu dalam mengurangi dampak stunting pada anak khususnya anak Balita yang memiliki masa tumbuh kembang yang pesat yaitu dengan menggunakan permainan. Dengan bermain dapat mengembangkan fisik, motorik, sosial, emosi, kognitif, daya cipta (kreativitas), bahasa, perilaku, ketajaman pengindraan, melepaskan ketegangan, dan terapi bagi fisik, mental ataupun gangguan perkembangan lainnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis perubahan perilaku ibu Balita dalam upaya pencegahan stunting di Desa Matajang Kecamatan Kahu Kabupaten Bone.

Penelitian ini merupakan penelitian Quasy Eksperiment. Jenis penelitian menggunakan satu kelompok intervensi dengan kelompok pembanding dengan diawali dengan sebuah tes awal (pre-test) yang diberikan kepada kedua kelompok, kemudian diberi perlakuan (treatment). Penelitian kemudian di akhiri dengan sebuah tes akhir (post-test) yang diberikan kepada kedua kelompok.

Hasil yang diperoleh diproses oleh uji T-test. Penelitian ini menemukan bahwa mayoritas responden lulusan sekolah dasar (40,0%) dan sebagian besar memiliki Balita umur 25-36 Bulan (40,0%) dan sebagian besar jenis kelamin Balita adalah perempuan (56,0%). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perubahan dalam pengetahuan ibu setelah intervensi simulasi bermain dengan nilai p = 0,000 dan ada perubahan sikap ibu setelah intervensi simulasi bermain dengan nilai p = 0,000 dan ada perubahan dalam tindakan ibu setelah intervensi simulasi bermain dengan nilai p = 0,000.

Penelitian ini menyarankan kepada instansi terkait Kecamatan Kahu untuk menginfestasikan pemberian edukasi kesehatan agar dapat meningkatkan pengetahuan ibu.

 

Kata kunci: Perilaku ibu, stunting, play therapy

Published
2020-09-28
Section
Articles