AUTHOR GUIDELINE

Jurnal Mitrasehat menerima manuskrip berupa laporan hasil penelitian atau hasil pemikiran dalam bidang ilmu Keperawatan dan ilmu Kesehatan Masyarakat yang belum pernah dipublikasi atau sedang dalam proses publikasi di jurnal lainnya. Manuskrip dapat menggunakan Bahasa Indonesia maupun Bahasa Inggris kemudian dikirim/submit berupa file Ms. Word ke OJS (Online Journal System) Jurnal Mitrasehat www.journal.stikmakassar.com

  1. Manuskrip ditulis di kertas berukuran A4 (dua kolom), dengan margin 2,0 cm tiap tepi, huruf (font) Times New Roman (12) dan spasi 1,15 dengan maksimum 20 jumlah halaman dalam satu artikel.
  2. Komponen artikel terdiri dari Judul, Penulis, Asal Institusi, Abstrak (Bahasa Indonesia dan/atau Bahasa Inggris), Kata Kunci, Pendahuluan, Metode, Hasil, Pembahasan, Kesimpulan, Saran, Ucapan Terima Kasih, Daftar Pustaka dan Lampiran. Template/Format Penulisan dapat di Download.
  3. Judul ditulis dengan huruf kapital dan bold dalam Bahasa Indonesia dan/atau Bahasa Inggris tanpa mencantumkan tahun.
  4. Abstrak ditulis dalam Bahasa Indonesia dan/atau Bahasa Inggris maksimal 200 kata dengan huruf Times New Roman (11) spasi 1. Abstrak berisi: Pendahuluan (1-3 kalimat), Tujuan Penelitian (1 kalimat), Metode (3-5 kalimat), Hasil Penelitian (3-5 kalimat) dan Kesimpulan (1 kalimat) yang dibuat dalam satu paragraph.
  5. Kata Kunci : Minimal 3 kata dan maksimal 5 kata ditulis dengan huruf kapital yang hanya terletak di kata kunci pertama, dipisahkan dengan tanda koma dan tidak diakhiri dengan titik pada kata kunci terakhir.
  6. Pendahuluan : memuat urgensi dan latar belakang masalah penelitian yang diuraikan dengan metode piramida terbalik (mulai dari tingkat global, nasional dan lokal). Mencantumkan referensi (pustaka atau hasil penelitian relevan) dengan menggunakan metode Harvard (Nama Penulis, Tahun) di setiap kalimat sebelum tanda titik (.) dengan jumlah halaman sebanyak 1-1,5 dalam huruf Times New Roman (12) tegak dan spasi 1,15. Tiap paragraf diawali dengan kata yang menjorok ke dalam (0,5 cm). Bagian akhir pendahuluan harus memuat tujuan penelitian.
  7. Metode : menjelaskan tentang jenis penelitian, lokasi dan waktu penelitian, populasi dan sampel, teknik sampling, teknik pengumpulan data (serta uraian spesifikasi alat dan bahan jika ada), analisis data dan penyajian data. Penulisan menggunakan huruf Times New Roman (12) tegak dan spasi 1,15 serta menggunakan pengorganisasian penulisan ke dalam bentuk “anak sub-judul”.
  8. Hasil : menjelaskan tentang karakteristik subjek penelitian, hasil analisis univariat, bivariate maupun multivariate (jika ada). TIDAK DIPERKENANKAN memasukkan hasil berupa tabel dan gambar, melainkan dibuat terpisah pada bagian LAMPIRAN. Interpretasi hasil penelitian dibuat dalam bentuk naratif menggunakan huruf Times New Roman (12) tegak dan spasi 1,15, Tiap paragraf diawali dengan kata yang menjorok ke dalam (0,5 cm) serta DIBOLEHKAN menggunakan pengorganisasian penulisan ke dalam bentuk “anak sub-judul”.
  9. Pembahasan : menguraikan alasan yang menjelaskan hasil penelitian dan penelitian lain yang mendukung atau tidak sejalan dengan hasil penelitian yang didapatkan. TIDAK DIPERKENANKAN menggunakan kalimat yang sama dengan yang tercantum di bagian Hasil, juga TIDAK PERKENANKAN menguraikan interpretasi tabel dan grafik hasil analisis. Hasil seharusnya dikelompokkan untuk diinterpretasikan dan dibahas berdasarkan teori dan hasil penelitian sebelumnya. Penulisan menggunakan huruf Times New Roman (12) tegak dan spasi 1,15, tiap paragraf diawali dengan kata yang menjorok ke dalam (0,5 cm) serta DIBOLEHKAN menggunakan pengorganisasian penulisan ke dalam bentuk “anak sub-judul”.
  10. Kesimpulan : memuat ringkasan dari uraian mengenai hasil dan pembahasan yang mengacu/menjawab tujuan penelitian.